Mata Kuliah Fisiologi Latihan mempelajari fungsi-fungsi sistem dalam tubuh saat latihan dan aktivitasnya yang berkaitan dengan gizi, energi, gerak dan olahraga. Perlu diberikan perhatian bahwa latihan khusus untuk meningkatkan komponen biomotorik atau sistem energi yang digunakan dalam cabang olahraga / aktivitas yang bersangkutan. Supaya kita dapat mencapai hasil yang maksimal maka perlunya mengetahui sistem energi predominan yang digunakan dalam cabang olahraga atau aktivitas tertentu dalam penerapannya di lapangan.

Mata kuliah ini membahas tentang manajemen proses asuhan fisioterapi pada kasus-kasus yang terjadi pada Kardiovaskuler dan Pulmonal. 

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai penyakit neuromuscular – psikiatri , dan meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengkaji dan memahami landasan teori penyakit, menentukan problematika fisioterapi hingga penerapan proses asuhan fisioterapi  


Mata kuliah ini membahas tentang perubahan fisiologi yang berhubungan dengan proses penuaan, permasalahan yang timbul akibat proses penuaan tersebut serta proses asuhan fisioterapi pada kasus-kasus geriatri.

Anatomi POT (Palpasi Ortostatik Topografi) adalah ilmu yang mempelajari mengenai struktur tubuh yang lebih menjelaskan bagian-bagian atau struktur tubuh manusia melalui palpasi dalam postur tubuh berdiri pada daerah atau kawasan tertentu pada tubuh.

Sumber fisis di dalam lingkup fisioterapi merupakan suatu rangkaian dari stresor - stresor fisis yang dipakai dalam metodologi intervensi fisioterapi. Dalam sumber fisis memanfaatkan beberapa komponen yaitu sinar/cahaya, zat cair dan gas, bunyi, partikel zat dan listrik. Salah satu tujuan pemberian modalitas fisioterapi adalah untuk memodulasi nyeri.

Anatomi dan Fisiologi manusia tentang Sistem Otot

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, penyebab, tanda dan gejala penyakit, proses perjalanan dari berbagai penyakit Kardiovaskuler dan Pulmonal serta komplikasi yang timbul akibat dari penyakit kardiovaskular dan pulmonal tersebut serta penanganan dari kacamata fisioterapi.